Selamat Datang di Blog Saya..

Selamat membaca dan kalo boleh di comment juga'a..

Tq

Struktur Organisasi

Selasa, 20 Oktober 2009

Pengertian Organisasi.

Organisasi merupakan suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan dan pemeliharaan pola hubungan kerja dari masing-masing individu untuk mencapai tujuan perusahaan melalui fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan seorang pemimpin.

Organisasi di bagi menjadi 2 yaitu :

1. Organisasi Formal adalah Organisais yang dibentuk secara sadar dan mempunyai tujuan tertentu yang disadari pula dengan mengunakan sistem tugas, hubungan wewenang, tanggung jawab maupun pertanggungjawaban manajer agar pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang disepakati bersama.

2. Organisasi Informal adalah organisasi yang tercipta karena adanya kemunikasi antar sesama karyawan yang bersosalisasi.

Struktur Organisasi

Merupakan perwujudan struktur organisasi formal dengan jalan menganalisis jabatan-jabatan apa yang diperlukan dalam mencapai tujuan untuk kemudian menentukan kualikasi maupun jumlah orang yang diperlukan untuk mengisi jabatan-jabatan yang telah ditetapkan.

Sistem struktur organisasi banyak sekali macamnya mulai dari yang bersifat tradisional sampai professional, Penerapan struktur organisasinya pun berbeda-beda mulai dan banyak factor yang mempengaruhi, anatara lain :

1. Besar kecilnya suatu perusahaan.

2. Jumlah karyawan.

3. Letak suatu perusahaan

4. Luas dan sempitnya jaringan kerja.

5. Tujuan perusahaan.

Penerapan sistem struktur organisasi yang digunakan oleh salah satu perusahaan pengekspotir meubel yang ada di Jakarta yaitu

Data Perusahaan

Nama Perusahaan : PT.KOER-C.

Bidang Usaha : Eksportir Meubel.

Jenis Produk : Aneka Meubel.

Alamat Perusahaan : JL. Jend. Sudirman No. 99 Jakarta Selatan, Indonesia.

Nomor Telepon : (021) 97864563.

Pola dan Struktur Organisasi : Pola Piramid Mendatar(Flat) dan Struktur Organisasi Lini.

Data Pemilik.

Nama Pemilik : Bambang Rohimin.ST.MM.

Jabatan : Direktur.

Tempat dan Tanggal Lahir : Papua, 27 Juni 1967.

Alamat Rumah : JL. Jalan Sore No.333, Petamburan, Jakarta Barat.

Nomor Telepon : 08574648373.

Sistem organisasi yang digunakan PT. KOER-C merupakan sistem organisasi lini yaitu bentuk organisasi yang di dalamnya terdapat garis wewenang yang menghubungkan langsung secara vertical antara atasan dan bawahan

Sistem organisasi lini mempunyai beberapa kebaikan dan keburukannya sebagai berikut:

a. Kebaikannya:

· Atasan dan bawahan dihubungkan dengan satu garis komando.

· Rasa solidaritas dan spontanitas seluruh anggota organisasi besar.

· Proses decision making yang cepat.

· Displin dan loyalitas tinggi

· Rasa saling pengertian antar anggota tinggi.

b. Keburukannya:

· Adanya tendensi gaya kepemimpinan otokratis.

· Pengembangan kreatifitas karyawan terhambat.

· Tujuan top manajer sering tidak dibedakan dengan tujuan organisasi.

· Karyawan tergantung pada 1 orang dalan organisasi.


Pola yang digunakan oleh PT. KOER-C adalah pola piramida mendatar(flat) cirinya:

· Jumlah satuan organisasi tidak banyak sehingga tingkatan hirarki kewenangan sedikit.

· Jumlah bawahan yang harus dikendalikan terdapat beberapa.

· Format jabatan untuk tingkat pimpinan sedikit karena jumlah pimpinan relative kecil.

Gambar Struktur Organisasi Lini:

Dapat kita lihat di atas struktur organisasi ini begitu sederhana, karena atasan atau direktur dapat langsung terhubung ke bawahan tanpa harus melewati manejer.

  • Direktur.

Direktur adalah orang yang mengambil sebuah keputusan dan bertanggung jawab atas sebuah organisasi atau perusahaan yang dipegangnya, ini berarti bahwa sebuah organisasi atau perusahan akan berkembang dan bergerak berdasarkan keputusan direktur.

  • Manejer Keuangan.

Manejer keuangan memiliki 2 bagian yaitu Bagian Finance yang bertugas untuk melakukan pencatatan keluar dan masuknya uang dan membuat laporan keuangan. Bagian Accouting bertugas untuk melakukan pencatatan setiap transaksi yang terjadi dalam perusahhan. Kemudian pada akhir periode, kedua bagian ini akan mencocokkan keuangan yang diterima dengan semua catatan transaksi yang ada.

  • Manajer Pelaksana.

Manajer pelaksana adalah bagian yang bertugas mengurus semua kerja yang ada dilapangan, missalnya saja melakukan persiapan pengeksporan meubel ke Negara tujuan dengan waktu yang tepat dan memastikan bahwa semua barang-barangnya sampai ketujuan dengan selamat.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Share it